Beasiswa Untuk Calon Mahasiswa Yang Tidak Mampu

Beasiswa Untuk Calon Mahasiswa Yang Tidak Mampu - Apakah anda termasuk seorang siswa berprestasi yang ingin masuk perguruan tinggi namun tidak memiliki biaya untuk melanjutkan sekolah? Nah pada artikel saya kali ini mungkin akan memberikan anda informasi tentang beasiswa masuk pergiuruan tinggi negeri. Sehingga artikel saya ini berjudul "Beasiswa Untuk Calon Mahasiswa Yang Tidak Mampu" Jika anda termasuk golongan di atas silahkan simak artikel saya ini.

Salah satu bantuan dari pemerintah kepada calon mahasiswa yang kurang mampu biasa di sebut Beasiswa Bidikmisi. Apa itu bidikmisi? Bidikmisi adalah suatu program bantuan biaya pendidika yang diberikan oleh pemerintah melalui direktorat jendral pendidikan tinggi ( dikjen dikti ) kementrian pendidikan dan kebudayaan. beasiswa bidikmisi ini diselenggarakan sejak tahun 2010 kemarin, kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik yang baik namun tidak memiliki biaya untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi.

Beasiswa Untuk Calon Mahasiswa Yang Tidak Mampu

Tujuan beasiswa bidikmisi ini sendiri sebagai berikut !
  • Meningkatkan motivasi belajar dan prestasi calon mahasiswa, khususnya mereka yang menghadapi kendala ekonomi keluarga.
  • Meningkatkan sebuah akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi negeri bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik untuk bangsa.
  • Menjamin keberlangsungan studi mahasiswa sampai selesai dan tepat waktu.
  • Merangsang / meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler.
  • Menimbulkan dampak iring bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk selalu meningkatkan prestasi dan kompetitif untuk mendapatkan beasiswa Bidik Misi ini.
  • Melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

 Persyaratan untuk mendaftar di beasiswa bidikmisi di tahun 2015 adalah sebagai berikut.
  •  Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2015;
  • Lulusan tahun 2014 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
  • Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  • Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:

    1. Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM);
    2. Pemegang Kartu Pengaman Sosial (KPS) atau sejenisnya ;
    3. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per-bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan nonformal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau
    4. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya;
  • Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  • Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah.
  • Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:

Pilihan seleksi masuk PTN :
  • Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
  • Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN
Itulah sedikit informasi tentang beasiswa bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi namun tidak memiliki kemampuan dalam hal ekonomi atau pembiayaan dalam melanjutkan sekolah ke tingkat perguruan tinggi. semoga dapat bermamfaat, dan terimakasih atas kunjunganya. wasalam...

Baca juga :

24 Komentar untuk "Beasiswa Untuk Calon Mahasiswa Yang Tidak Mampu"

  1. terimakasih banyak banget ya, besok mau langsung daftar deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang mbak ini baru mw tamat ya?

      Hapus
    2. lhoh mbak devy masih SMA?

      Hapus
    3. chelin@ gk tau tuh mbak desi kayaknya masih SMA

      Hapus
  2. wah makasih infonya, bisa ini saya kasih tau adik saya yang baru mau lulus

    BalasHapus
  3. Program kyak gini harus 'dibanyakin' nih. Anak-anak bangsa banyak yang pinter, tapi kurang mampu.

    BalasHapus
  4. info yang bermanfaat nich bagi meraka yang kurang mampu
    nice share

    BalasHapus
  5. malah kudunya gratis buat semua anak Indonesia... kan Indonesia kaya, masak sekolah bayarr...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaalo semuanya gratis kan negra kita bisa bangkrut, kaya maksudnya dalam artian alamnya bukan uangnya :D

      Hapus
  6. Tentunya info ini sangat berguna dan bermanfaat sekali bagi mereka mahasiswa yang kurang mampu, ini bisa dijadikan motivasi, nice share nya mas

    BalasHapus
  7. Bagus banget informasinya. Memberikan kesempatan pada seluruh kalangan untuk dapat pendidikan yang tinggi, ya :)

    BalasHapus
  8. makasih sudah nulis pesanan isha.. hehehe btw selain dan djarum, ada lagi gak yaa??

    BalasHapus
  9. Semoga program yg kayak begini bisa bertambah di indonesia ya gan....agar bisa meringankan beban para oang tua...

    BalasHapus
  10. Kami punya anak berprestasi,, lulusan SMK tahun 2015,
    prestasi yang di capai NIlai UN Matematika 100 dan Jumlah Nilai Rata-rata Tertinggi di SMK, akan tetapi tidak bisa melanjutkan ke bangku Kuliah, karena keterbatasan Biaya.
    kami mohon informasi Beasiswa bagi anak tersebut agar bisa Kuliah Gratis.

    BalasHapus
  11. min mau nanya sbmptn smpai tgl brpa ya
    trims

    BalasHapus
  12. apakah jalur smmptn bsa mlnjutkan k jalur bidikmisi

    BalasHapus

Berkomentar tidak sesuai dengan artikel yang dibaca dan menggunakan link aktif, tidak akan di approve oleh admin. sebab komentar seperti itu admin anggap sebagai spam.!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel