Informasi Lengkap Tentang Jurusan Agribisnis

Informasi Lengkap Tentang Jurusan Agribisnis - Apa sih jurusan Agribisnis itu? banyak siswa yang kebingungan dalam memilih fakultas jurusan yang ingin mereka masuki ketika kuliah. Ada yang masuk di fakkultas kedokteran, perawat, dan Fakultas lainya yang mungkin menurut mereka bagus prospeknya. Namun ada jurusan mungkin kurang dimiati. Salah satu jurusan yang mungkin di sepelekan dan kurang diminati adalah Agribisnis. Agribisnis memang termasuk dalam fakultas pertanian, namun bukan berarti belajar pertanian itu nanti setamat kuliah kita akan menjadi petani. Justru dengan kita belajar pertania, kita tahu bagaimana cara mengelola Sumber daya alam indonesia ini dengan baik dan benar agar nantinya kita mampu bersaing dengan negara lain untuk memasarkan hasil alam idi negara kita ini (indonesia).

Informasi Lengkap Tentang Jurusan Agribisnis

Saya sendiri juga salah satu siswa yang mana pada tahun ini ( 2015 ) akan menamatkan sekolah dan akan melanjutkanya ke perguruan tinggi dengan mengambil jurusan Agribisnis. Apa alasan saya ingin mengambil Agribisnis? Karena di wilayah saya sangat banyak sekali kekayaan alam yang bisa di mamfaatkan dan dikembangkan, namun sayang sekali banyak masyarakat yang tidak mampu dalam mengelola dan mengembangkanya sehingga perekonomian masyarakatnya pun belum bisa dikatakan makmur. Alasan kedua saya memilih agribisnis ini iyalah karena di sebagian besar universitas jumlah kuota untuk jurusan agribisnis ini sangat banyak, sehingga kemungkinan besar kita akan cepat diterima di unuversitas yang kita inginkan.

Harapan saya kedepanya adalah saya bisa menjadi seorang wiraswasta atau pengusaha yang mampu mengembangkan hasil prikanan di daerah saya menjadi sebuah produk jadi yang memiliki nilai jual yang tinggi dan juga berharap produk saya dapat di pasarkan hingga keluar negeri.

Apa yang di pelajari dalam Agribisnis?

Dalam pembelajaran Agribisnis saya kurang tahu karena saya belum menjadi mahasiswa di jurusan ini. Namun disini saya akan menjelaskanya menurut beberapa refrensi (pengetahuan) yang pernah saya baca di berbagai media. Agribisnis mempelajari ilmu-ilmu sebagai berikut ;

Budidaya
Mempelajari Pembibitan, Pembenihan, Pemeliharaan, sampai menuai hasil yang disatukan menjadi Pembudidayaan Tanaman Pertanian. Disini Mahasiswa agribisnis akan di ajarkan bagaimana cara mebudidayakan tanaman, bahkan disini betul-betul mahasiswa akan di ajarkan bagaimana cara memilih atau mencari kelebihan dari masing-masing tanaman sehingga menghasilkan tanaman yang berkualitas. karena sejauh ini hasil pertanian di Indonesia masih kurang dimaksimalkan.

Pemasaran / Ekonomi & Manajemen
Dalam Pemasaran / Ekonomi & Manajemen ini akan mempelajari bagaimana cara memasarkan atau mengelola sebuah produk dari hasil pertanian yang sudah ada dengan kualitas yang sangat baik dan secara otomatis memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Ini adalah sebagai upaya membantu pertanian indonesia yang kurang maksimal. Disini pula mahasiswa agribisnis akan dicetak untuk bisa me-manage atau mengelola hasil pertanian agar hasil panen melimpah dengan kualitas yang baik.

Sosial dan Komunikasi
 Mahasiswa agribisnis disini akan di ajarkan agaimana cara berkomunikasi yang baik dan bagaimana cara bersosial yang baik, sehingga ketika akan menyampaikan pesan-pesan hasil keilmuan yang dilakukan lulusan agribisnis dapat diterima oleh semua kalangan termasuk buruh tani,  pengusaha, pemerintah, dan investor dari dalam maupun luar negeri. Mahasiswa Agribisnis akan terus dimaksimalkan kemampuan berkomunikasinya agar bisa menjadi lulusan yang berkualitas serta bisa betul-betul terjun dimasyarakat.

Kewirausahaan
Yang paling menarik di jurusan ini adalah, mahasiswa agribisnis memperlajari kewirausahaan.
Selain kemampuan pembudidayaan, pemasaran, manajerial, sosial dan komunikasi, mahasiswa Agribisnis pun dibantu untuk menjadi entrepeneur sehingga setelah lulus mahasiswa  bisa memanfaatkan ilmu-ilmu yang telah mereka pelajari selama kuliah. seperti yang sudah kita tahu bahwa jika ingin menjadi entrepreneur harus memiliki kompetensi yang baik dan di dalam jurusan Agribisnis ini semuanya ada. Kita tidak usah khawatir karena jika sudah lulus di agribisnis tentu sudah ada pengalaman dalam kewirausahaan yaitu dalam kegiatan prakteknya.

Bagaimana prospek kerja agribisnis? 

Prospek kerja atau penempatan kerja untuk lulusan jurusan agribisnis ini sebagai berikut :
  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS) bidang Pertanian Kementrian, Dinas Provinsi, Dinas Kabupaten/Kota.
  2. Tenaga Pengajar seperti Dosen.
  3. Peneliti di LIPI dan badan-badan peneliti lainnya.
  4. Badan Perencana Pembangunan Daerah (BAPPEDA).
  5. Badan Pusat Statistik (BPS).
  6. Dinas Koperasi.
  7. Bulog/Dolog.
  8. Dinas Perindustrian dan Perdagangan.
  9. Di Perusahaan/BUMN.
  10. Bank Pemerintah/Swasta.
  11. Lembaga Keuangan, Asuransi.
  12. Perusahaan Pengadaan Sarana Produksi Pertanian.
  13. Lembaga Swadaya Masyarakat.
  14. Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD).
  15. Koperasi Unit Desa (KUD).
  16. Perusahaan Konsultan Agribisnis.
  17. Konsultan di Bidang pertanian.
  18. Membuka Usaha Pembibitan dan Pembuatan Pupuk atau Pestisida.
  19. Wirausaha seperti usaha kebutuhan Sandang, Pangan, Papan.
  20. Dan prospek-prospek kerja lainnya.
Gimana, apakah anda tertarik untuk masuk jurusan Agribisnis ini? semua tergantung pilihan minat serta bakat anda. intinya adalah semua terserah pada diri masing-masing anda. karena semua jurusan memang bagus tergantung anda, apakah kita mampu menjalankanya atau tidak.

26 Komentar untuk "Informasi Lengkap Tentang Jurusan Agribisnis"

  1. mau di agrobisnis perikanan atau agrobisnis pertanian dek?

    BalasHapus
  2. karena sesuatu sebab termasuk kampanye gaya hidup sehat sepertinya bidang agribisnis terutama pertanian akan menjadi idola...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi banyak juga yang tidak memilih agribisnis, makanya kebanyakan kuotanya banyak

      Hapus
  3. memang jurusan agrobisnis kurang diminati yamas
    padahal prospeknya nggak kalah dengan jurusan yg lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gan, jarang ada siswa yang meminatinya. banyakan yang memilih dokter atau polisi

      Hapus
  4. wah banyak juga lowongannya, jadi pengen ikutan nih

    BalasHapus
  5. ternyata mas masih slta ya mas... hehe

    semoga nanti diterima ya mas di jurusan agribisnis,, biar bisa mengolah kekayaan alam nya...

    BalasHapus
  6. Jurusan Agribisnis jarang ada peminatnya, padahal prospek sangat banyak

    BalasHapus
  7. Malah sekarang agribisnis sedang berkembangpesat, dan Indonesia menjadi lahan subur untuk jurusan yang satu ini bila potensi di setiap daerah Indonesia dapat pula diangkat dari sisi bidang ini ko.

    BalasHapus
  8. Untuk prospek akan jurusan agrobisnis ini sangat banyak juga ya mas , rekomendasi buat para calon mahasiswa/i buat nentuin jurusannya nih :D

    BalasHapus
  9. prospeknya menjanjikan..
    bisa jadi bahan referensi yg mau ngelanjutin kuliah

    BalasHapus
    Balasan
    1. prospeknya menjajanjikan memang, tapi untuk yang punya modal kalo mw jd pengusaha

      Hapus
  10. Bagus juga jurusan Agribisnis, walaupun peminatnya masih sedikit, justru persaingannya lebih mudah ya...apalagi prospek kerjanya yang menjanjikan. tadinya saya juga mau masuk ke pertanian, Tapi sekarang sudah lulus di jurusan teknik industri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tehnik industri kan juga bagus gan :)

      Hapus
  11. satu lagi tugasnya. memanfaatkan lahan yang tidak berguna menjadi berguna. seperti bekas tambang menjadi lahan agribisnis.

    BalasHapus
  12. Kalo agribisnis di Indonesia yg paling bagus di universitas mana ya mas?

    BalasHapus
  13. wah, aku agribisnis jg tahun ini di brawijaya yey

    BalasHapus

Berkomentar tidak sesuai dengan artikel yang dibaca dan menggunakan link aktif, tidak akan di approve oleh admin. sebab komentar seperti itu admin anggap sebagai spam.!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel