Kebiasaan Buruk Mahasiswa Yang Dapat Mempengaruhi IPK

Kebiasaan Buruk Mahasiswa Di Kampus - IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif adalah nilai yang menunjukkan prestasi akademis mahasiswa di perguruan tinggi. dalam hal ini IPK memang sangat penting seklai bagi mahasiswa, dan dengan demikian mahasiswa pun akan berlomba-lomba mendapatkan IPK yang bagus atau bahkan sempurna dan lulus cumlaude. Untuk bisa mendapatkan IPK yang di inginkan maka mahasiswa harus menghindari Kebiasaan Buruk Mahasiswa Yang Dapat Mempengaruhi IPK.

Nah dan pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang hal di atas, yaitu apa saja kebiasaan buruk mahasiswa yang dapat mempengaruhi IPK di perguruan tinggi. dengan mengetahui kebiasaan buruk ini, maka mahasiswa pun akan segera mengantisipasi hal-hal tersebut agar tidak mendapat nilai IPK yang sedikit.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk sebagian mahasiswa yang dapat memperngaruhi nilai IPK di perguruan tinggi.!


Sering tidak masuk / Hanya sekedar titip absen saja
Kebiasaan Buruk Mahasiswa Yang Dapat Mempengaruhi IPK
Tidak masuk atau hanya sekedar titip absen saja sudah membudaya di kalangan mahasiswa. sebagian mahasiswa berpendapat bahwa titip absen ini merupakan suatu hal yang lumrah terjadi pada mahasiswa. namun walaupun hal ini sudah di anggap lumrah, perlu untuk di hindarkan karena biar bagaimanapun ini adalah kebiasaan yang tak patut di tiru, karena bila terlalu sering melakukan ini maka bisa-bisa IPK akan terancam.

Kebiasaan Menyontek
Kebiasaan menyontek sudah membudaya di kalangan sebagian pelajar, tidak hanya mahasiswa saja tetapi para pelajar di tingkat SD, SMP, dan SMA pun sudah lumrah kita ketahui. berbagai macam trik sudah dikuasai dalam hal ini, mulai dari trik menoleh kiri kanan lah, melihat buku lah, menulis di tangan lah, hingga browsing di internet tampa sepengetahuan guru juga sudah ada. Namun yang perlu di garis bawahi adalah kebiasaan seperti ini tidaklah patut di budayakan di dalam perkuliahan, karena kuliah adalah pendidikan paling tinggi untuk mecari ilmu dengan sunggguh-sungguh agar setamat kuliah dan ketika menjadi alumni mahasiswa memiliki keahlian yang sesuai dengan yang di harapkan.

Tidur di kelas
Kebanyakan mahasiswa sering tidur di kelas, banyak sekali mahasiswa yang sering ngantuk ketika belajar sehingga mengganggu kegiatan belajar mereka. sebenarnya hal ini juga sangat tidak bagus untuk dilakukan. beberapa masalah yang menyebabkan mahasiswa sering ngantuk di kelas adalah karena sering begadang atau kurang tidur. mahasiswa sebenarnya harus pandai-pandai dalam mengatur waktu istirahatnya supaya kebugaran tubuhnya tetap terjaga. Baca artikel terkait berikut.


Kebiasaan bolos
Bolos adalah kebiasaan yang tidak baik, yaitu pulang sebelum waktunya. jika kebiasaan bolos ini terus di budayakan maka banyak sekali kerugian yang mahasiswa dapatkan. ketinggalan materi adalah salah satu masalah yang di timbulkan. namun apa bila memang bolos dalam keadaan yang mendesak, maka usahakan meminjam catatan teman agar tidak tertinggal materi.

Melakukan hal lain di saat belajar 
Di saat sedang asyk belajar, hal lain yang selalu mengganggu mahasiswa adalah terlalu sering melakukan hal lain yang dapat mengganggu perhatian kepada dosen. salah satu yang sering dilakukan mahasiswa adalah memainkan komputer, tab, handphone dan lain sebagainya. Nah dalam keadaan seperti itu usahakan tetap fokus dan memperhatikan dosen dengan baik agar materi yang disampaikan dapat dikuasai dengan baik.

Cenderung pendiam
Memiliki sifat pendiam dan tidak aktif dalam kelas adalah kebiasaan yang tidak baik. jika ingin mendapatkan IPK yang baik maka berusahalah menjadi mahasiswa yang aktif, aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dengan lisan. dengan menjadi mahasiswa yang aktif maka dosen akan lebih mudah mengingat dan mengenal anda.

Beberapa kebiasaan buruk di atas semoga dapat anda jadikan sebagai motivasi anda untuk lebih baik lagi guna menjadi mahasiswa yang baik dan mendapat IPK yang bagus. Itulah artikel saya yang berjudul "Kebiasaan Buruk Mahasiswa Yang Dapat Mempengaruhi IPK" semoga dapat bermamfaat bagi anda.

19 Komentar untuk "Kebiasaan Buruk Mahasiswa Yang Dapat Mempengaruhi IPK"

  1. Wahahahaha. Jadi ingat saat saya masih berstatus "EM HA ES" alias Mahasiswa dulu Wahahahhaa. Duh duh kalau ada cerita ttg KULIAH ini jadi kepengen kuliah lagi Wahahahha. Uhuyyyyyyyyyy

    BalasHapus
  2. mahasiswa tidak akan pernah lepas dari salah satu kebiasaan di atas :D
    entah apa itu pasti pernah dilakukanya :)

    BalasHapus
  3. kayanya suka bolos hal yang fatal dalam menggangu IPK kita :v

    BalasHapus
  4. Bolos karena terpengaruh juga bisa karena orang indonesia sendiri masih memakai adat ketimuran ada rasa tidak enak kalau di aja teman terus kita tidak mau. Di situlah akhirnya di jadikan lahan untuk membolos kuliah dan tradisi ini seharusnya di hindari jika kita mau membolos inget orang tua dengan susah payah membiayai kita.

    BalasHapus
  5. males kuliah salah satu penyebab menurunnya IPK, gimana bisa dapat IPK bagus kalu tidak pernah kuliah,wakakakakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha gk ada nilai IPK donk klo gk kuliah :D

      Hapus
  6. bener tuh sgt berpengaruh.... keren.

    BalasHapus
  7. waduh, kalau mahasiswa jangan bolos dong...Bolos itu kan kebiasaan anak sekolahan. Tul nggak mas Roli?

    BalasHapus
  8. nah tuh, yang masih pada kuliah, mesti dihindari kebiasaan buruk diatas

    BalasHapus
  9. sangat bermanfaat sekali infonya

    BalasHapus
  10. ipk ane jelek gan, tapi ane tetap semangat , yang penting bisa lulus wisuda

    BalasHapus

Berkomentar tidak sesuai dengan artikel yang dibaca dan menggunakan link aktif, tidak akan di approve oleh admin. sebab komentar seperti itu admin anggap sebagai spam.!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel