Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri Cina

Petuah arab mengatakan "Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri Cina". Jauh sebelum diturunkanya agama islam oleh Allah, negara tirai bambu atau biasa disebut Cina ini memang sudah mencapai peradaban yang sangat tinggi. Pada saat itu masyarakat Cina sangat menguasai akan berbagai ilmu pengetahuan dan peradaban. dan tak bisa di tuding lagi bahwa pada saat itu umat islam menyerap pendidikan serta peradaban di negara ini. Berbagai macam ilmu pengetahuan dan peradaban diperoleh dari negara ini Sehingga tak salah jika ada patuah yang berbunyi Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri Cina.

Petuah ini sebenarnya sudah beredar luas di kalangan masyarakat, sehingga semua orang pasti sudah tahu akan petuah ini. Berikut adalah bukti hadisnya.

اُطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ، فَإِنَّ طَلَبَ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Carilah ilmu meskipun di negeri Cina, karena mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim

Sebenarnya hadis di atas sebenarnya belum diketahui pasti bahwa iya adalah hadis yang berasal dari Nabi mihammad saw. Sebab hadis ini hanya populer saja dan sebut-sebut oleh masyrakat umum. Jadi kepastian akan hadis ini masih dalam tanda kutip misterius.

Bebrapa asumsi saya tentang hadis ini!


Menuntut ilmu
Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri Cina
Kalau kita artikan kata menuntut ilmu maka sudah jelas bermakna bahwa seseorang itu harus menuntut ilmu mencari pengetahuan yang belum pernah iya ketahui sebelumnya. Sangat logis sekali juga bahwa menuntut ilmu itu penting bagi umat manusia, sebab Allah swt. menyuruh hamba-hambanya untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya agar mendapat ridho dan kasih sayangnya. dan juga agar iya mendapat kemudahan dalam menjalankan hidup di dunia ini.

Sampai ke negeri cina
Kata Sampai ke negeri cina ini sebenarnya bermakna bahwa tempat menuntut ilmi itu sebaiknya sejauh-jauhnya, dimana bukan hanya ditempat di sekitar kita saja untuk menuntut ilmu. tetapi kita juga kita di suruh untuk menuntut ilmu di tempat lain yang memang lebih baik dari tempat yang ada di sekitar kita itu.

Selain itu juga makna lainya adalah umat manusia di tuntut untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya, agar memiliki kemudahan hidup dan mendapat ridho Allah serta kasih sayangnya. itu merupakan suatu hal yang positif bila ingin memiliki kemajuan pada diri sendiri.

Kesimpulan
Apa yang saya uraikan tentang hadis di atas memang benar, bahwa umat manusia itu harus menuntut ilmu. carilah ilmu sebanyak-banyaknya hingga sampai ke negeri jauh atau ke tempat-tempat yang jauh guna mendapat ilmi pengetahuan yang lebih banyak lagi.

Itulah pembahasan saya tentang "Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri Cina" semoga dapat memberikan anda pelajaran. Terimakasih atas kunjunganya ya dan jangan lupa follow blog saya serta berlangganan artikel di blog saya ini wasalam.

8 Komentar untuk "Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri Cina"

  1. saya gak punya modal kalau harus ke negeri cina mas,

    BalasHapus
  2. Image postnya bikin ehhhhmmm

    BalasHapus
  3. hadist nya memang ndak ada tu mas, bahkan ada sebagian pendapat ulama mengatakan kalau itu bukan hadis dan tidak bisa dijadikan hujjah :D

    BalasHapus
  4. hadits ini diriwayatkan oleh Al Baihaqi, statusnya maudhu..

    BalasHapus
  5. dikirain biar dapat yang di fotonya. hehehehehe

    BalasHapus
  6. memang cina orangnya ulet, tapi orang Indonesia tidak kalah cerdas

    BalasHapus

Berkomentar tidak sesuai dengan artikel yang dibaca dan menggunakan link aktif, tidak akan di approve oleh admin. sebab komentar seperti itu admin anggap sebagai spam.!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel